Minggu, 28 Agustus 2011

Berpikir Cepat, Bertindak Tepat


Berpikir Cepat, Bertindak Tepat
BAGAIMANA Lurah Firdaus menyikapi suatu permasalahan sosial kemasyarakatan yang dibawa warganya dalam kasus tertutupnya saluran air buangan, harus diakui sebagai tindakan yang bijak. Dia berpikir cepal bertindak tepat. Kemampuan menyikapi masalah untuk kemudian mencarikan solusinya inilah, aniaralain. mengapa gubernur memosisikan lurah sebagai urban manejer.
Berikut bagian terakhir dari dua ulasan Dimas Adidaya setelah mengintip kerja Lurah Sumur Batu. Kamis lalu.
PM
FIRDAUS bisa saja meneruskan pengadilan luarga Jalan Berlian IU atau membual laporan ke tingkat kecamatan tentang saluran air buangan yang tertutup oleh pengerjaan drainase itu. Bila pihak kecamatan pasif dan menilai hal itu sebagai urusan sektoral, maka langkah yang mereka tempuh. tidak mustahil bakal sama dengan apa yang dilakukan oleh lurah. yakni menulis laporan ke tingkat kota. Bila tingkat kota tidak tanggap, mereka pun akan membual laporan ke lingkat provinsi
Pihak provinsi mempelajari lalu membual nota dinas ke Dinas PU Air Karena proyeknya ada di wila-
yah. Dinas membual nota serupa kepada Sudin. Instansi di tingkat kota (ni masih memiliki seksi maka dstbuallah nota ke seksi kecamatan.
Proses itu akan memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu dan bahkan tak mustahil berbulan-bulan. Selain persoalan uwktu. proses ini juga memakan biaya. Jangan pernah berpikir rapal tidak perlu biaya. Apalagi jika rapal itu kemudian diikutinya dengan peninjauan lapangan. Hal-hal semacam inilah yang kadangkala membuat warga menjadi gerah. Para pengambil keputusan hanya sibuk rapat sementara masalah yang dihadapi warga tak terselesaikan dengan baik.
Gubernur Fauzi Bowo paham betul hal int Hu sebabnya, dlawal masa jabatannya, gubernur tanpa ragu melakukan reformasi birokrasi. Struktur organisasi kembali ditata, menjadi lebih ramping. Salah satu point terpenting dari reformasi birokrasi ini adalah, gubernur memosisikan lurah sebagai urban manager Sumber daya manusia di kelurahan diperkuat. Anggaran pun disediakan. Sebagai menejer. seorang lurah tidak saja harus trampil menyelenggarakan pemerintahan kelurahan dan ber-
kutai dibidang administrasi seperti menandatangani KTP atau memberikan surat keterangan bagi warga yang membutuhkan. Lebih dari (ta seorang lurah harus paham betul karakteristik warganya, harus tahu potensi wilayahnya dan mampu mencarikan sulosi terhadap masalah-masalah yang dihadapinya warganya.
Dengan kala lain. Jika suatu masalah bisa diselesaikan di tingkat wilayah, tidak perlu dibauxi ke tingkat kota. Apalagi sampai ke ringkat provinsi Tapi tidak berarti dengan posisi ttu seorang lurah menjelma menjadi penguasa wilayah. Proses administratif tetap berjalan sesuai dengan koridor peraturan dan perundang-undangan yang berlalu. Dalam kasus luarga di Jalan Berlian IU tadi misalnya. Firdaus tetap membuat laporan pada ramainya dan camat Juga melapor pada walikota. Begttu aturan mainnya.
Walikota Jakarta Pusat Sylutana Mumi mengisyaratkan, lurah yang tidak mampu memosisikan diri sebagai urban menejer. harus bersiap ditempatkan di pos yang lain. "Ke-bgakan gubernur bertumpu pada
kepentingan yang sangat strategis, yakni bersandar pada kepentingan masyarakat Fungsi pelayanan harus benar-benar dilaksanakan. Lurah harus membuka komunikasi dengan warganya, harus sering menengokt wilayah. Tidak menunggu dibalik meja Melainkan harus aktif dan mampu memberdayakan warganya. Lurah harus mampu menjadi motivator dan menumbuhkan Ide-ide kreatif yang mampu menggerakan sumber daya warganya. tutur SyluL
Sebagai menejer. papar Sylvl lurah harus mampu menangkap sinyal-sinyal yang diisyaratkan gubernur balk yang disampaikan secara langsung maupun dart walikota sebagai pembantu gubernur di wilayah. Misalnya, ketika gu-bemur berbicara tentang ancaman banjir, maka apa yang harus dilakukan seorang lurah adalah mencermati titik-titik rawan banjir yang ada di wilayahnya untuk kemudian mengambu langkah-langkah penangguhangannyn. Bia tindakan pencegahan bisa dilakukan di wilayah, lakukanlah tindakan itu tanpa harus menunggu perintah alasan. Bila tindakan penanggu-
tangan Itu tidak bisa dilakukan di tingkat kelurahan, lurah harus memetakan titik-titik rawan banjir Itu untuk disampaikan kepada instansi dinas terkati melalui camat-nya dan seterusnya.
Banyak hal yang bisa dilakukan seorang lurah untuk mendukung program gubernur dalam menciptakan Jakarta yang lebih baik. Jakarta yang lebih beslh. Jakarta yang lebih nyaman. Jakarta yang lebih hijau. Jakarta yang lebih tertib. Jakarta yang lebih sehat, dan Jakarta yang lebih indah." paparnya.
Apakah tindakan cepat yang dilakukan Lurah firdaus tadi, sudah dapat dikatakan telah men-jalankan Jungs! sebagai urban manager?. Bisa saja dikatakan begitu. Salah satu dri menejer adalah bertindak cepat dan tepat serta hasilnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak. katanya.
Dalam penilaian Sylvt di Jakarta Pusat sudah banyak lurah yang mengambil posisi sebagai urban manager seperti apa yang dikehendaki gubernur. Namun ada juga yang belum memosisikan diri me-
reka sebagai urban manager. Terhadap mereka yang tak tangkas merespons sinyal gubernur Inilah yang akan diresposisi untuk ditempatkan di pos latn. SylxX tidak membantah rotasi akan terjadi pada kisaran bulan Januari 2010 mt Tapi dw tidak mau menyebut nama para wakil lurah yang men dapat promosijadilurah atau lumh yang akan berpindah kursi Satu
hal yang pasti menurut catatan Pelita, hari int 28 Desember 2O09. seorang lurah sudah harus meninggalkan kursinya setelah 16 tahun malang melintang di enam kelurahan!.
Jika bukan karena umur, tidak mustahil yang bersangkutan jadi lurah seumur hidup. Ya. yang bersangkutan harus meninggalkan kursinya karena pensiun!.
Ringkasan Artikel Ini
BAGAIMANA Lurah Firdaus menyikapi suatu permasalahan sosial kemasyarakatan yang dibawa warganya dalam kasus tertutupnya saluran air buangan, harus diakui sebagai tindakan yang bijak. papar Sylvl lurah harus mampu menangkap sinyal-sinyal yang diisyaratkan gubernur balk yang disampaikan secara langsung maupun dart walikota sebagai pembantu gubernur di wilayah. Misalnya, ketika gu-bemur berbicara tentang ancaman banjir, maka apa yang harus dilakukan seorang lurah adalah mencermati titik-titik rawan banjir yang ada di wilayahnya untuk kemudian mengambu langkah-langkah penangguhangannyn. Banyak hal yang bisa dilakukan seorang lurah untuk mendukung program gubernur dalam menciptakan Jakarta yang lebih baik. Dalam penilaian Sylvt di Jakarta Pusat sudah banyak lurah yang mengambil posisi sebagai urban manager seperti apa yang dikehendaki gubernur. Terhadap mereka yang tak tangkas merespons sinyal gubernur Inilah yang akan diresposisi untuk ditempatkan di pos latn. SylxX tidak membantah rotasi akan terjadi pada kisaran bulan Januari 2010 mt Tapi dw tidak mau menyebut nama para wakil lurah yang men dapat promosijadilurah atau lumh yang akan berpindah kursi Satu hal yang pasti menurut catatan Pelita, hari int 28 Desember 2O09.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar