Minggu, 28 Agustus 2011

TEKNIK DAYA MENGINGAT



Salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan daya ingat adalah menggunakan teknik mnemonic. Mnemonik umumnya menggunakan prinsip asosiasi, yaitu informasi yang diingat dihubungkan dengan informasi yang lain yang mudah dingat. Teknik mnemonik dibagi menjadi beberapa metode, yaitu:

1. Metode Loci

Metode loci merupakan strategi mnemonic tertua, yakni sejak 500 SM metode ini sudah digunakan oleh orator-orator bangsa Yunani dan Romawi, yang berpidato tanpa naskah. Loci adalah bentuk jamak dari locus, yang artinya lokasi atau tempat.

Metode ini dikembangkan oleh Simonides dari Ceos, yang merupakan satu-satunya orang yang selamat dari runtuhan bangunan saat makan malam ketika ia sedang berbicara. Simonides dapat mengidentifikasi orang yang mati, yang tertimpa di bawah reruntuhan, dengan mengingat kembali dimana tamu-tamu tersebut duduk di sekeliling meja. Karena dia dapat mengingat nama-nama orang dengan cara visualisasi dimana mereka duduk, dia menyadari bahwa mungkin daya ingat dapat ditingkatkan dengan pengasosiasian imajinasi pikiran tentang lokasi untuk setiap hal untuk diingat.

Metode loci mudah sekali dipelajari, dan bekerja baik pada orang-orang yang bagus dalam visualisasi. Berikut ini adalah cara melakukannya :
  • Pilihlah tempat yang Anda ketahui dengan baik, misalnya rumah Anda.
  • Visualisasikan sederet tempat yang logis seperti, mulai dari pintu depan, terus ke ruang tamu, terus ke lorong, menuju ruang makan dan masuk ke dapur dan akhirnya masuk ke toilet. Anda juga bisa memakai elemen-elemen atau isi rumah sebagai lokasi tambahan misalnya sofa, meja makan, atau barang lainnya.
  • Saat Anda ingin mengingat informasi, Anda asosiasikan setiap informasi yang ingin Anda ingat dengan lokasi-lokasi tertentu. Contoh sederhana misalnya Anda ingin mengingat daftar belanja :
- Beras
- Bawang merah
- Kunyit
- Sabun
- Sikat Gigi

Ketika Anda memvisualisasikan pindu depan, bayangkan ada setumpuk beras yang menghalangi jalan masuk di depan pintu. Setelah beras itu anda singkirkan, Anda masuk ke ruang tamu, bayangkan ada bawang merah besar sedang duduk di sofa ruang tamu. Lalu ketika Anda masuk ke ruang makan anda melihat kunyit sedang asyik makan, lalu Anda sampai di toilet bayangkan ada sabun besar sedang menggosok gigi dengan Sikat gigi yang bermuka yang sedang tersenyum kepada Anda.
Perlu Anda ketahui bahwa semakin aneh dan unik visualisasi yang Anda buat maka akan semakin kuat daya ingat Anda.


2. Sistem kata kunci

Metode mnemonik ini telah digunakan orang selama bertahun-tahun, terutama untuk mengingat kata-kata bahasa asing dan konsep abstrak. Metode ini adalah asosiasi lain yang mengaitkan secara verbal dan visual kata yang berlafal mirip dengan kata atau konsep yang harus diingat. Misalnya untuk mengingat kata prokasinasi (suka menunda-nunda mengerjakan tugas) kita mengasosiasikannya dengan kata porkas (undian olahraga) karena kata itu mudah kita ingat, jadi kita coba mendekatkan prokas dengan porkas lalu hanya tinggal menambah kata inasi jadilah kita mengingat kata prokasinasi. Contoh lain, untuk mengingat arti kata hiperbola (suka berlebihan dalam menceritakan sesuatu), coba bayangkan seorang kiper yang tidak dapat menangkap bola yang melambung terlampau tinggi.

3. Teknik menghubungkan

Menghubungkan adalah proses mengaitkan atau mengasosiasikan satu kata dengan kata yang lain melalui sebuah aksi atau gambaran. Strategi ini biasa digunakan dengan sistem kata penanda untuk mengingatkan serangkaian informasi dalam urutan tertentu. Dengan strategi kata penanda yang telah diajarkan tadi, misalnya nomor telepon 438-0367 dapat diingat dengan dihubungkan dengan (4) roda mobil mogok ditarik oleh bemo beroda (3) sampai di sebuah sirkuit balap (8) yang kosong (0). Bemo beroda (3) itu membawa telur setengah lusin (6) untuk makan selama semingu (7). Atau anda ingin mneyederhanakan proses mengingatnya dengan mengkombinasikan nomor dalam beberapa unit, sehingga nomor 1945-1965 dapat diingat dengan tahun kemerdekaan Indonesia yang coba dikudeta oleh PKI. Kunci dalam membuat hubungan adalah menggunakan imajinasi. Hubungan yang dibentuk tidak perlu logis atau realistis, yang penting hubungan itu memicu ingatan anda.

4. Teknik Akronim

Akronim adalah satu kata yang terbuat dari huruf pertama dari serangkaian kata. Salah satu akronim yang terkenal adalah NASA, badan ruang angkasa Amerika Serikat, singkatan dari National Aeronautics and Space Administration. Nama-nama organisaai sering dipendekkan dalam bentuk akronim, misalnya PSSI akronim dari persatuan sepakbola seluruh Indonesia. Akronim terkadang memasukkan huruf kedua (biasanya huruf vokal) agar singkatan lebih mudah terbaca seperti jabotabek (JAkarta, BOgor, TAngerang, BEKasi) tetapi akronim tidak harus selalu membentuk kata. Gunakan imajinasi anda jika harus mengingat lima hal yang harus anda lakukan saat pulang ke rumah (misalnya, bersih-bersih, mencuci, memasak, menelpon, dan membaca koran). Anda dapat memicu ingatan anda dengan membuat akronim BC-M2K

5. Teknik Akrostik

Akrostik seperti akronim, juga mengggunakan huruf-huruf kunci untuk membuat konsep abstrak lebih konkret, sehingga mudah diingat. Namun, akrostik tidak selalu menggunkan huruf pertama dan tidak selalu menghasilkan singkatan dalam bentuk satu kata, informasi yang diingat dalam akrostik dapat berbentuk kalimat atau frase tertentu. Akrostik juga dikenal dengan nama “jembatan keledai” misalnya untuk mengingat urutan warna-warni pelangi digunakan akrostik mejikuhibiniu : merah, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Contoh lain kita dapat mengingat huruf-huruf Qoloqolah dalam pelajaran tajwid membaca alquran dengan membuat akronim “baju di toko”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar